LM-100J mulai terbang di Farnbrough International Airshow 2018

Meski statusnya hanya sebagai pesawat militer saja,LM-100J versi sipil Lockheed Martin ini sangat cocok untuk berbagai tugas sekaligus.Sebagai tugas pemadam kebakaran,4 baling-baling menawarkan berbagai pilihan 2 tangki atau tanpa tangki bahan bakar.Peran lainnya dapat mengirimkan kargo yang lebih besar ke lokasi yang tidak dijangkau dan mengangkut VVIP.

Lockheed Martin mempercayai kenyamanan LM-100J versi sipil untuk bertugas sebagai pemadam kebakaran,dan juga mempromosikan 4 mesin turboprop untuk berbagai tugas sipil dan perintah.Mulai dari mengangkut kargo berukuran besar penerbangan yang keras untuk angkut VVIP dalam akomodasi penumpang khusus.

Dua LM-100J sekarang sudah terbang,dengan unit ketiga hampir selesai.Mereka adalah bagian dari lima pesawat yang dipesan pelanggan yang tidak disebut namanya.Dengan pegiriman lebih awal yang direnacakan untuk tahun ini dengan diikuitnya penghargaan yang akan disetujui dari FAA (Badan Penerbang AS)

LM-100J memiliki berbagai perbedaan dari Hecules versi militer.Dengan dihilangkannya perlengkapan militernya.Kargo Ini memiliki ketahanan 9g yang ditambahkan dinding pada ruang kargo yang lebih maju.Honeywell RDR-400 Series weather radar,and immarsat Swiftbroadband satcoms.Dengan mesin GE Aviation flight management system yang sudah dipasang.Sangat mirip dengan yang dipasang pada Boeing 737 

Dijalankan dengan Block 8.1 software datalink yang menyediakan CNS/ATM air traffic untuk kebutuhan di masa depan.Dua C-130 militer militer juga terlibat dalam uji coba operasional dan evaluasi iterasi perangkat lunak ini.

Untuk tugas pemadam kebakaran,LM-100J bisa diusulkan 2 sistem,yang keduanya dengan sistem tangki roll-on/roll-off sehingga bisa digunakan untuk tugas lainnya ketika tidak sedang bertugas sebagai pemadam kebakaran.Yang lebih sederhana dari keduanya adalah sistem pemadam kebakaran udara modular (MAFFS) II, yang menawarkan kapasitas 13.250 liter (3.500-galon) dengan retardant yang dikeluarkan oleh udara terkompresi melalui saluran yang keluar melalui pintu penerjun payung. MAFFS II sudah digunakan pada C-130J milik AU AS.

Alternatifnya,FireHerc bisa membawa sistem pengiriman udara Coulson Aviation retardant (RADS) yang disertifikasi pada legacy C-130. Pada 15.140 liter (4.000 galon) sistem ini memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada MAFFS II, dan pembangunan 18.925 liter (5.000 galon) direncanakan. RADS adalah sistem gravitasi-drop dengan tingkat pengiriman variabel. Sistem ini dapat digunakan dari ketinggian yang lebih tinggi daripada MAFFS II dan memberikan pola cakupan yang lebih tepat. Namun, sistem memang membutuhkan beberapa modifikasi airframe karena mengeluarkan retardant melalui port di bawah pesawat.

Legacy Hercules sudah terbang untuk tugas sebagai pemadam kebakaran hingga bertahun-tahun.Generasi terbaru LM-100J memiliki sejumlah aksesoris yang memberikannya untuk misi yang menantang, termasuk extende-service-life wings yang dapat menangani turbulensi tinggi yang berulang kali hingga terjadi kebakaran. Pesawat ini memiliki sistem advanced stall awareness/system yang bisa ditangani pemadam api, serta sistem penghindaran tabrakan dan sistem pendeteksi angin.Dengan sistem avionik digital termasuk layar HUD utama yang membuat pilot bisa melihat keluar.

Yang terpenting, LM-100J sangat lincah pada level rendah dan memiliki daya margin yang cukup besar, atribut yang ditunjukkan selama tampilan udara pesawat minggu ini di Farnborough Airshow. Kinerja pesawat pada tingkat rendah dalam kondisi panas dan tinggi menyelaraskan LM-100J idealnya dengan persyaratan misi pemadam kebakaran.

Sementara itu, Lockheed Martin sedang mengeksplorasi teknologi yang akan memungkinkan LM-100J untuk memadam kebakaran di malam hari, kegiatan yang saat ini tidak dilakukan oleh pesawat tanker sayap-tetap. Perusahaan ini sedang memeriksa sistem pencitraan inframerah bukaan spektrum dengan sensor yang terletak di sekitar badan pesawat, menyatu dengan data dari sistem lain seperti radar gelombang milimeter yang dapat membentuk sistem visi sintetis yang memberi awak area yang luas tentang helm yang dipasang di atas tampilan.

Memperluas misi ke dalam jam malam memiliki arti penting bagi para pemadam kebakaran di luar hanya memungkinkan kebakaran dipadam lebih lama, karena kebakaran biasanya berada di malam hari dan lebih mudah dikendalikan. Selain itu, jika terjadi kebakaran di malam hari, dapat dihadiri setiap saat, daripada harus menunggu hingga fajar.



Sertifikasi untuk Hercules versi sipil

Dua LM-100J terbang Lockheed Martin sekitar 80 persen melalui proses sertifikasi, yang akan berakhir pada musim gugur ini. Karena desain C-130J disertifikasi sebagai L-382J pada tahun 1998, LM-100J disetujui melalui proses Type Design Update (TDU), yang membutuhkan sekitar 200 jam uji terbang. Sifat digital LM-100J memungkinkan data mudah diambil, meskipun sejumlah kecil peralatan uji tambahan dipasang.

Sertifikasi terbang difasilitasi oleh pilot uji kepala Lockheed Martin yang ditunjuk Perwakilan Teknis Desain (DER) yang ditugaskan FAA, yang memungkinkan pengujian penerbangan dilakukan sesuai dengan persyaratan FAA tanpa perlu kehadiran personel agensi. Konsep ini memungkinkan Lockheed Martin untuk melakukan tugas-tugas yang diperlukan sendiri dan kemudian memanggil perwakilan FAA untuk diperiksa.

Sebagai bagian akhir dari proses TDU, FAA sendiri melakukan tes fungsi dan reliabilitas (F & R) yang diperlukan untuk Bagian 25 persetujuan, di mana perwakilan agensi mengambil pesawat udara selama dua hingga tiga minggu untuk melakukan penerbangan apa pun yang mereka anggap perlu.Kampanye F & R dilakukan oleh gabungan kru FAA / Lockheed Martin.


Menghadiri masalah sertifikasi lainnya, beban misi seperti tempat duduk berpilet dan sistem kargo khusus memerlukan sertifikat tipe tambahan. Bagian yang ditujukan untuk LM-100J memiliki nomor yang berbeda dari rekan militer mereka, membutuhkan penyimpanan dan dokumentasi terpisah. Pabrik Marietta, Georgia telah menjadi fasilitas produksi bersertifikat FAA L-100 sipil Hercules generasi pertama diproduksi di sana antara 1964 dan 1992.

Sumber dan gambar:https://www.ainonline.com/aviation-news/air-transport/2018-07-18/lockheed-martin-launches-fireherc



Comments

Popular Posts