J-15 Versi Perang Elektronik


Kemarin,Angkatan Laut China mulai merilis foto-foto Shenyang J-15D versi perang elektronik atau electronic warfare.Shenyang J-15 terbaru dari Angkatan Laut China (PLANAF) muncul di berbagai media sosial.Ini adalah varian Flanker asal China ini dikembangkan besar-besaran sebagai pertanda munculnya pesawat multi peran J-17.


Chinese Growler
Sementara itu,banyak para pengamat aviasi dan militer telah menjulukinya Chinese Growler.Karena desainnya,sangat mirip dengan EA-18G Growler milik US Navy yang ditugaskan Supression Enemy Air Defense (SEAD).

Memang,Sebutan Chinese Growler tidak dibuat-dibuat karena mengikuti jalur yang sama dengan EA-18G,varian dari F/A-18F versi kursi ganda.

J-15D didasarkan pada pesawat latih J-15S Berkursi ganda,yang pertama kali terbang pada 3 November 2012,dan juga menggabungkan teknologi dari J-16D milik Angkatan Laut China (PLANAF).Dia sendiri merupakan varian perang elektronik electronic warfare aircraft (EW) dari tempat duduk ganda shenyang J-16D.

Menurut sumber terpercaya,Testbed J-15 mulai terbang pertama kali pada Oktober 2016,ini adalah pesawat baru terbaru ini sebenarnya adalah purwarupa pertama.Ciri khas dari J-15 adalah adanya wingtip pada pod besar untuk perang elektronik (ESM) atau kecerdasan elektronik (ELINT). 

Dengan ini,pengembangan varian J-15S telah dibatalkan.Kemudian pengembangan ini dialihkan ke J-15D untuk menciptakan pesawat multirole J-17 varian kapal induk.








Sumber gambat:XinfengCao on Twitter

Comments

Popular Posts