Airbus Beluga XL akhirnya Terbang Perdana


Airbus Beluga XL akhirnya terbang dari Toulouse Prancis pagi ini untuk terbang perdana.

Lebih dari kerumunan 10.000 orang,termasuk karyawan dan subkontraktor dari manufaktur pesawat Eropa bertepuk tangan saat Beluga XL mengangkasa.

Dihiasi dengan mulut paus dan mata pada kedua sisi hidungnya,Beluga XL direncanakan akan menggantikan Airbus Beluga ST yang beroperasi saat ini.

Pesawat yang baru mengangkasa ini,memiliki ukuran 20 kaki atau 6 meter lebih panjang dan mampu membawa muatan 51 ton atau enam lebih berat dari Beluga ST yang ada hingga kini.Dan juga memiliki gelembung lebih besar berukuran 6 meter lebih panjang daripada Beluga ST

Untuk mentenagai pesawat ini,dibutuhkan 2 mesin Rolls Royce Trent 700 turbofan engines dengan biaya  530 poundsterling masing-masing dan keduanya memiliki gaya dorong sebesar 316kN.

Pesawat baru ini memiliki panjang 6 meter dan 1 meter lebih lebar,ini berarti bisa membawa 2 sayap A350 sekaligus.

Selain terbang di atas kota Toulouse Prancis,uji coba pesawat itu termasuk kunjungan wilayah utara Wales setelah landasan pacu bandara Flintshare ditingkatkan agar bisa menampung pesawat ini.

Program ini dsudah direncanakan pada November 2014.Pesawat ini ditugaskan membawa bagian pesawat Airbus lainnya dari lokasi produksi yang berbeda dari seluruh Eropa di jalur perakitan akhir Toulouse,Prancis dan Hamburg,Jerman.

Pesawat ini direncanakan dibuat sebanyak 5 unit dengan paus tersenyum ini oleh Airbus di masa depan.

Sumber:
https://www.thesun.co.uk/travel/6817581/whale-in-the-sky-beluga-plane-takes-maiden-flight-from-toulouse-airport/

https://internasional.kompas.com/read/2018/07/19/19253801/airbus-beluga-xl-terbang-perdana-di-atas-kota-toulouse

Sumber gambar:https://twitter.com/Airbus





Comments

Popular Posts