F-117 Nighthawk kembali mengudara di langit Nevada setelah pensiun di tahun 2008


"Jet hitam akhirnya terbang kembali setelah 10 tahun dipensiunkan.Dan sepertinya tidak ada yang tahu apa tujuan dari misi rahasia mereka.Inilah semua yang kami ketahui tentang penerbangan mereka."



Dalam beberapa tahun terakhir kami telah mendokumentasikan penerbangan beberapa Jet Siluman F-117 Nighthawk di atas langit Nevada, misi yang terus dilakukan dengan baik setelah pesawat secara resmi pensiun dari dinas aktif pada tahun 2008.

Kembali ke tahun 2014, setelah beberapa video dan foto telah muncul secara online, Angkatan Udara AS mengakui bahwa Black Jet disimpan dalam penyimpanan "Tipe 1000" di Tonopah Test Range (TTR) yang berarti bahwa jet ini akan dipertahankan sampai dipanggil kembali ke dinas aktif: AS menganggap F-117 entah seberapa berguna dalam skenario saat ini, begitu banyak sehingga mereka terus menerbangkan beberapa jet yang sudah diawetkan setiap sekarang dan kemudian, di depan mata, untuk menjaga pilot (menurut sebagian besar sumber, bukan pilot Angkatan Udara AS tetapi pilot Lockheed Martin / kontraktor) saat ini pesawat terbang sudah layak dan siap terbang. Kondisi gurun Nevada sempurna untuk menjaga jet siluman dalam kondisi murni (karena tingkat kelembaban rendah dan karenanya, kemungkinan korosi yang lebih rendah), maka alasan untuk mengoperasikan pesawat misterius dari TTR.

Misteri terpecahkan? kurang atau lebih.

Pada bulan Juli 2016, kami menerbitkan sebuah video yang menunjukkan dua F-117 terbang bersama, difilmkan dari bukit-bukit jauh di timur Tonopah Test Range: dalam memeriksa foto-foto beberapa pembaca memperhatikan bahwa ketika dua F-117 itu berbaris di landasan, hanya satu dari mereka memiliki apa yang tampak seperti antena comms diperpanjang pada tulang belakang punggung. Nighthawk lain di belakangnya tidak memilikinya. Antena baru? Untuk melakukan apa? F-117 yang dikendalikan dari jarak jauh? Sulit dikatakan karena kualitas bidikannya.

Salah satu foto menarik yang diambil oleh kontributor The Aviationist “Sammamishman” pada akhir Juli 2016. Salah satu pesawat tampaknya menunjukkan antena / bentuk yang sedikit berbeda: hanya efek visual yang disebabkan oleh jarak?

tahun lalu,USAF telah mengumumkan untuk memensiunkan armada F-117nya,sekali dan untuk semua. Bahkan, "sesuai dengan Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional 2017, yang disahkan 23 Desember, Angkatan Udara akan mencoret empat F-117 setiap tahun untuk melepaskan mereka sepenuhnya - sebuah proses yang dikenal sebagai pesawat demiliterisasi," tulis Oriana Pawlyk tahun lalu. Menurut Pawlyk, satu F-117 dijadwalkan akan divestasikan tahun ini dan kira-kira empat setiap tahun sesudahnya.

Pada 13 November 2017, F-117 terlihat di sebuah trailer di US-95, selatan Creech AFB, di Nevada selatan: penampakan itu konsisten dengan rencana divestasi satu F-117 pada akhir 2017; sisanya akan ditarik dari penggunaan pada tingkat empat setiap tahun, dimulai tahun 2018.Dengan kata lain, yang di bawah terpal di trailer mungkin sedang dipindahkan ke boneyard, untuk dibuang atau disiapkan untuk sebuah museum. Kemudian, dalam putaran yang luar biasa, pada hari berikutnya, 14 November 2017, pukul 09.20AM LT, F-117 lainnya terlihat terbang ke utara Rachel, Nevada yang sedang dikejar oleh F-16 kursi ganda Groom Lake (kemungkinan besar salah satu yang kemudian membayar kunjungan ke Star Wars Canyon).

Fast forward ke 26 Juli 2018, ketika pengguna Youtube "pdgls" film dua F-117 terbang lagi di Tonopah Test Range. Inilah rekamannya:


Video ini memperlihatkan dua F-117A sedang lepas landas sebagai Knight,(atau Knight-atau callsignnya 9th FS ).Bentuk Jet Hitam ini teridentifikasi dengan jelas karena manuver sebagai TTR.

Tidak seperti semua penampakan sebelumnya, kali ini dokumen visual dan audio (bersama dengan beberapa hal ADS-B) memberikan beberapa tambahan, rincian yang sangat menarik. Setelah keberangkatan, kedua F-117 itu mengisi bahan bakar di Siera 98 (bukan Sierra, setidaknya menurut transponder Mode-S), KC-135 dari Fairchild Air Force Base. Jenis kegiatan yang dilakukan dua jet tempur dengan Stratotanker tidak hanya rutin: bersama dengan "probe" standar, mereka juga melakukan pemutusan sambungan darurat dari tanker. Kemudian, formasi terbelah: Night 17 terbang misi uji sementara Night 19 kembali ke area Test Tonopah untuk melakukan aktivitas pola. Patut dicatat, 17 mengubah callsign-nya: tidak lagi Night (atau, seperti disebutkan, Knight) tetapi Dagger 17. Menariknya, Dagger adalah callsign yang sangat terkenal di komunitas jet Siluman: dan itu digunakan oleh Skuadron Uji Terbang ke-410, bersama uji kekuatan personel Lockheed dan Angkatan Udara di Groom Lake, Nevada (Det. 3, AFTFC).

Sementara Dagger / Night 17 bekerja dengan semacam fasilitas darat / radar, Night 19 melanjutkan sortie lokalnya, yang dibuat dari serangkaian panjang pendekatan rendah, pendekatan pelokalan ILS dengan melingkari, menyentuh dan gos, dll: jenis aktivitas pola yang Anda lakukan harapkan dari pesawat udara yang tidak terlibat dalam pekerjaan operasional apa pun.





























Log ADS-B memberikan beberapa detail tentang misi dukungan yang diterbangkan oleh KC-135, Stratotanker, # 58-0086, yang telah terbang pada hari sebelumnya (25 Juli) di EAA AirVenture Oshkosh.Pesawat tanker itu terbang dari Fairchild AFB, Washington, terbang misi +6 jam. Kami tidak tahu apakah Siera 98 juga mengisi bahan bakar pesawat lain selama waktu itu: jika tidak, itu upaya yang cukup besar untuk hanya misi rutin sepasang pesawat yang sudah diawetkan.


Tak perlu dibicarakan,alasan penerbangan F-117 tetap menjadi misteri. Sementara aktivitas pola dasar yang cukup yang dilakukan oleh Night 19 adalah koheren dengan penerbangan berkala yang diperlukan untuk mempertahankan mata uang dan sertifikat kelaikan udara, hal-hal yang tampaknya lebih rumit yang dilakukan oleh Night 17 setelah itu berubah callsign menjadi Dagger 17 tampaknya menunjukkan ada beberapa pekerjaan yang lebih menarik untuk Black Jet. Memang, seperti yang sering dijelaskan di website The Aviationist, meskipun ini adalah pesawat radar-evading "warisan", F-117 masih dapat digunakan untuk mendukung berbagai macam pengujian dan perkembangan: sistem radar baru atau Infra Red Search and Track, baterai SAM (surface to air missiles), RAM baru (Radar Absorbent Material) dan pelapis; atau bahkan pesawat tempur generasi ke-6 dan platform AEW (Airborne Early Warning) generasi mendatang. Mereka mungkin mendukung penelitian siluman UCAVs (Unmanned Combat Aerial Vehicles) dan, seperti yang dijelaskan di atas, seseorang juga berspekulasi beberapa telah diubah menjadi drone. Selain itu, kami tidak dapat sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan Nighthawk digunakan sebagai musuh / penyerang terhadap sistem nyata atau simulasi, jika tidak dalam konteks Bendera Merah (audio yang dapat Anda dengar di atas, dari awal hingga jam 04:30, direkam selama Red Flag pada 25 Juli, meskipun aktivitas ini mungkin sama sekali tidak terkait dengan sorties F-117) sebagai bagian dari skenario LVC (Live Virtual Constructive) yang kompleks, di mana aset aktual bercampur dengan yang virtual


Sumber dan gambar:https://theaviationist.com/2018/08/06/lets-talk-about-the-sightings-of-f-117-stealth-jets-flying-over-nevada-few-days-ago/

Demikianlah dari artikel saya semoga menambah wawasand an pengetahuan anda soal penerbangan militer terima kasih.

Artikel ini berbahasa Inggris dan saya terjemahkan sendiri.




Comments

Popular Posts