Berapakah Ukuran Ban Pesawat?


Jika dilihat dari jauh,ukuran ban pesawat memang sangat kecil.Tetapi jika dilihat terlalu dekat ban pesawat itu ukurannya hampi sebanding dengan mobil.


Ban pesawat memang dirancang seperti itu dengan tujuan agar bisa menahan beban aat transportasi udara dengan baik dan stabil.

Seorang Tekhnisi US Navy sedang mengganti ban pada pesawat
P-8A Poseidon
Ban pesawat ini bukan merupakan ban yang padat.Di dalamnya ada gas atau udara dengan tekanan yang cukup besar,sekitar enam kali lebih besar daripada tekanan ban mobil penumpang.Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2-3 kali lebih besar dari ban mobil.
Dengan ukuran yang relatif kecil dibanding badan pesawat,Ban ini mampu menginjakkan tanah hingga 500 kali sebelum perlu di vulkanisir.

Dengan tapak ban luar yang dirancang sederhana dandiberikan empat garis.Membuat ban mencegah terjadinya hydroplaning ketika ban mendarat di atas landasan basah sehingga ban akan tetap lurus ketika berada di atas permukaan air.Ditambah dengan lapisan tali ban memperkuat tahanan ban ketika berputar dalam kecepatan tinggi.

Ban pesawat dirancang sampai 16 lapis,harga ban pesawat ini pun 5 jutaan untuk ukuran kecil dan mencapai 20 juta satu ban dengan daya tahan lebih kuat.Dan kamu tahu?Ban pesawat harus diganti setiap dalam setiap 500x pesawat mendarat.

Berbicara tentang tekanan udara,tekanan roda pesawat adalah 200 psi,kira-kiraenam kali lipat dari tekanan udara ban mobil.Bahkan ban pesawat tempur F-16C/D diisi dengan tekanan hingga 320 psi.

Dengan demikian ukuran bbukan menjadi tolak ukur sesuatu itu kuat atau enggak.Roda pesawat yang tidak sebanding dengan beban yang ditahannya ini ternyata memiliki kemampuan yang lebih besar dibanding dengan roda ban mobil yang menahan beban jauh lebih ringan dari pesawat

Comments

Popular Posts