Sukhoi P-42


Sukhoi P-42 merupakan prototipe awal dari Su-27


"Ide memasuki kompetisi rekor dunia dengan pesawat ini dimulai tahun 1986",kata Sukhoi OKB Mikhail Simonov."Kita merealisasikan pesawat ini bisa melakukan apa saja.Kami sangat yakin ,untuk mengatur rekok,kami memutuskan untuk tidak membangun pesawat khusus,dan mengambil serangkaian pesawat yang diproduksi,yang telah terbang,dan tentu saja,telah dipersiapkan sesuai aturan ketat oleh Federasi Aeronautique Internationale.Pesawat ini kemudian diberi kode P-42 sebagai penghargaan titik balik dalam pertempuran Perang Dunia ke-II Stalingrad November 1942.Kemudian,mempertahankan benteng Volga yang berperan besar dalam menghancurkan musuh.
















Untuk membuat rekor,sebuah pesawat seri awal dipilih (petunjuk pabrik T-10-15) ini belum digunakan secara aktif dalam program tes penerbangan.

1.Radar kerucut diganti dengan hidung yang terbuat dari metal kerucut;dan sistem ekstensinya serta retraksi dilepaskan dari pesawat;area pemasangan rem bekas secara struktural disempurnakan;sirip perut dikeluarkan dari boom ekor;pintu variable pada intake udara dikunci pada posisi optimalnya;
2. Panel sayap diujung depan tetap dipasang;flaperon dilepas dan diganti dengan struktur sayap yang tetap;peluncur misil dipindahkan ke ujung sayap;
3.Wingtips dicabut dari vertical stabilizer
4.Pesawat hanya dilengkapi alat bantu penerbangan,navigasi dan komunikasi yang diperlukan agar penerbangan aman;cantelan senjata meriam bawaan kartridge telah dilepas.


Pada tanggal 10 Maret 1987 hingga 23 Maret 1988,pilot uji coba Nikolai Sadovnikov menerbangkan Sukhoi P-42 hingga  25,280 kaki (9,000 meter) dalam 44 detik,39,370 kaki kaki (12,000 meter) dalam 55.2 detik dan 49,213 kaki (15,000 meter) dalam 70.329 detik.Rekor sebelumnya dimulai pada tanggal 16 Januari 1975 yang diterbangkan pilot AS dengan pesawat F-15C Eagle bernama Roger Smith.Roger Smith terbagn dengan pesawat tersebut hingga 9,843 kaki (3,000 meter) dalam 27.7 detik,dan Mayor Williar "Mac" McFarlane menanjak hingga 19.865 kaki (6.000 meter) 29,528 kaki ( 9,000 meter) dan 39,370 kaki (12,000 meter) dalam 39,33,48,86 dan 59.38 detik,masing-masing Pada 10 Juni 1987 Sadovnikov mengklaim rekor untuk N kategori level ketinggian 63,435 (19,335 meter).

Sukhoi P-42

Rekor tersebut kemudian dicapai lagi oleh Viktor Pugachev dengan Sukhoi P-42,mengangkat beban 2.205 lb (1.000 kg) menjadi 42.213 kaki (15.000 meter) dalam 83,71 detik Sebanyak 27 catatan dilaim pilot uji OKB Sukhoi Viktor Pugachev,Nikolai Sadovnov,Evgeny Frovlov,dan Oleg Tsoi.Tim pengaturan pilot uji,spesialis layanan darat dan desainer OKB dipimpin oleh kepala Desainer Rolan Martisov





























Comments

Popular Posts