Angkatan Udara Pakistan Akhirnya Menembak Jatuh Sebuah MiG-21 Bison dan Su-30MKI


Hari Kemarin,MiG-21 Bison Milik AU India Ditembak Jatuh Oleh AU Pakistan 


Angkatan Udara India kehilangan sebuah MiG-21 Bison yang ditembak jatuh oleh Angkatan Udara Pakistan selama keterlibatan gencatan senjata yang disepakati.Akhirnya pilot MiG-21 pun ditangkap.

Bentrokan itu terjadi sehari setelah Mirage 2000-5 milik IAF melintasi LoC (Line of Control) untuk melakukan serangan udara di pangkalan-pangkalan balkot PICE 2000.pon EO/GPS yang dikendalikan secara GPS.

Bagaimanapun pertempuran udaranya masih belum jelas.

Menurut beberapa sumber,IAF MiG-21 diluncurkan sebagai sebagai tanggapan atas serangan PAF pagi sebelumnya.Islamabad mengklaim dua pesawat tempur IAF melintasi IOC dan keduanya ditembak jatuh PAF di wilayah udara Pakistan.














Sepeti yang disebutkan,Pihak berwenang India kehilangan dua pesawat tempur.Selain itu,India juga ingin membuktikan MiG-21 dan Su-30MKI bisa menjatuhkan pesawat tempur Pakistan.Namun,belum sepenuhnya benar.

Tak hanya MiG-21 Bison,Su-30MKI pun juga ditembak jatuh oleh PAF






















Namun,ada juga yang mengatakan,bahwa F-16C milik Pakistan Air Force pun menembak jatuh sebuah MiG-21 Bison.Namun Pakistan tidak menggunakan F-16 dalam pertempuran tersebut.Jadi mana yang benar? Begitu juga ada yang mengatakan bahwa F-16 milik PAF ditembak jatuh oleh Su-30MKI atau bisa saja MiG021 Bison? entahlah.








































Gambar di bawah ini adalah Helikopter MI-17V5 milik IAF yang ditembak jatuh juga oleh PAF.Belum ada keterangan resmi soal info ini.












































Dua pilot IAF dari pesawat MiG-21 yang ditembak oleh Pakistan, salah satu nama pilot India tersebut adalah Abhi Nandan (dengan nomor service. 27981) dengan pangkat Wing Commander. Namun India mengklaim bahwa satu pilotnya tewas dan satu pilotainnya hilang dalam aksi tembak jatuh tersebut.

Detail lain yang belum dikonfirmasi adalah jenis jet yang menumbangkan Bison: beberapa sumber mengatakan itu adalah F-16 yang lain mengatakan itu adalah JF-17 Thunder.

JF-17 adalah pesawat tempur multi-peran ringan, bermesin tunggal, dan dikembangkan dari usaha patungan antara Pakistan Aeronautical Complex (PAC) dan Chengdu Aircraft Corporation (CAC) Cina. Ini dianggap sebagai Pesawat Tempur Generasi ke-4. Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi pembunuhan pertama sebuah pesawat oleh JF-17 (Guntur menembak jatuh pesawat mata-mata Iran pada tahun 2017).




















Disamping itu,MiG-21 Bison merupakan generasi terakhir dari keluarga MiG-21 dengan teknologi modern.Meskipun desainnya sudah ketinggalan zaman,pesawatnya pun masih lincah dan akselerasinya meningkat.Dipasang helmed mounted system,IFF system,new multimode radar,dan communication equipment.Untuk Dogfight jarak dekat,MiG-21 dilengkapi Rudal R-73 Archer dan R-77 Adder untuk BVR.

Bila dilihat dari depan,MiG-21 Bison pun memiliki kokpit yang sama dengan MiG-29 Fulcrum.Bisa melepaskan bom pintar,dan juga membawa chaff and flare lebih banyak.

India merupakan pengguna MiG-21 Bison terbesar didunia.Jumlahnya pun 125 unit.Tetapi di tahun ii India akan merencanakan untuk Menggantikan MiG-21 Bison dengan HAL Tejas Mk.1 buatan dalam negeri.

Sumber :
-https://theaviationist.com/2019/02/27/indian-air-force-mig-21-bison-shot-down-by-pakistan-air-force-jet/
-Instagram:Mighty War
-Twitter:Shiv Aroor

Comments

Popular Posts