Light Helicopter Experimental (LHX)


Pembukaan
Kali ini,saya akan menceritakan program LHX atau Light Helicopter Experimental.Yaitu adalah program helikopter siluman sebelum proyek Future Vertical Lift (VFL) yang merupkan persaingan antara Helikopter SB-1 Defiant (Lockheed Martin/Sikorsky) vs V-280 Valor (Bell/Boeing).

Latar Belakang
Program LHX ini awalnya dimulai dengan US Army yang memulai Advanced Composite Airframe Program (ACAP) untuk mendesain helikopter berbadan komposite.Pada Februari 1981 ini kontrak ini dimenangkang oleh Sikorsky dengan S-75 dan  D-292 oleh Bell helicopters.

Program LHX
Analisis area misi penerbangan Angkatan Darat (sudah selesai di tahun 1982).Mengidentifikasi pada kekurangan pada materi dan doktrin pertempuran Airland lalu.Spesifikasi pada material untuk LHX akan dipecahkan pada kekurangan tersebut.

Pada tahun 1982 AD AS memulai program LHX (Light Helicopter Experimental) untuk menggantikan AH-1 Cobra,AH-64 Apache,OH-6 Cayuse,dan OH-58 Kiowa.Pada Agustus 1986,Tinjauan Dewan Ilmu Pertahanan mengatakan Angkatan Darat sudah menderita stopveving dalam program pengembangan.Dan tidak berpikir out of the box,Angkatan Darat memandatkan persyaratan resiko terlalu awal tanpa manajemen resiko.Versi awak tunggal merupakan awal persyaratan,tetapi bergantung pada keberhasilan pengembangan paket elektronik yang beresiko.

Konsep awal selain helikopter serang juga termasuk Angkut (Utility) dan pengintai (Scout),tetapi baru tahun 1988 konsep utility sudah dibatalkan.Pada Oktober 1988,tim Boeing-Sikorsky dan Bell-Mcdonnell Douglas telah menerima kontrak desain.Desain Bell-Mcdonell Dougkas menampilkan gantungan persenjataan dalam sayap gabungan / sponsor dan bukannya rotor ekor menggunakan sistem knalpot berpeluang NOTAR. Desain Boeing-Sikorsky membawa persenjataan di dalam pintu sayap camar (gull wing) berayun ke atas di sisi badan pesawat,menampilkan rotor ekor fenestron dan juga memiliki sistem persenjataan internal (weapons bay). Nama program diubah menjadi Light Helicopter (LH) pada tahun 1990.Pada bulan April 1991, tim Boeing-Sikorsky terpilih sebagai pemenang kontes dan menerima kontrak untuk membangun empat prototipe. Juga bulan itu, helikopter itu dinamai "RAH-66 Comanche" oleh Angkatan Darat.

Pada bulan Maret 2004, Kepala Staf Angkatan Darat menghentikan program Helikopter RAH-66  Comanche. Pengakhiran ini terjadi karena beberapa alasan; di antara mereka adalah persyaratan menyeluruh yang tidak realistis dan tidak dapat diraih, kenaikan biaya produksi yang diproyeksikan, perubahan misi penerbangan Angkatan Darat (penolakan untuk mempertimbangkan lingkungan ancaman yang berubah), kurangnya dana yang cukup untuk kebutuhan penerbangan kritis lainnya, kurangnya pencapaian pengurangan risiko tertentu teknologi utama, dan pemikiran kelompok kronis.

Penutup
Sekian saja dri artikel Program LHX.Dengan artikel ini,para pengunjung blog saya akan menambah wawasan dan pengetahuan.Jika kalian suka silahkan like dan share,kami juga menerima kritik dan saran kepada para pengunjung.Segitu saja sampai jumpa.


Konsep Art of LHX





Source:@aviation_intel



Comments

Popular Posts