Code Maskapai IATA dan ICAO


Mungkin para pecinta aviasi sejati harus memahami kode penerbangan

Dalam dunia penerbangan,airline memiliki 2 kode penerbangan:

IATA:
IATA (International Air Transport Association).Kode maskapai penerbangan IATA (IATA Airline Designator) berupa two letter code (kode dua huruf).Dimana tujuannya untuk mengenali airline terkait keperluan komersial antara lain reservasi,jadwal penerbangan,tiket,tarif,bukti pengiriman kargo,atau telekomunikasi interline antar maskapai.

Contoh:
GA:Garuda Indonesia
MV:Aviastar Indonesia
CG:Citilink
AW:Dirgantara Air Servise
JT:Lion Air
SU:Aeroflot
AM:Aeromexico
AB:Air Berlin
SM:Air Cairo
JS:Air Koryo

ICAO
ICAO (Internasional Civil Aviation Organization).Kode maskapai penerbangan ICAO (ICAO Airline Designator) berupa three letter code (kode tiga huruf).Dimana tujuannya untuk mengenali airline terkait dalam kegiatan operasional penerbangan.

Beberapa kombinasi 3 huruf tidak digunakan oleh ICAO,seperti SOS(Save Our Soul) dikarenakan untuk menghindari konflik dari sistem yang lain.Sedangkan kode yang diawali huruf Y dan X dicadangkan untuk Organisasi pemerintah.

Contoh:
GIA
JAL
KLM
AFR
KOR
AMX
AAL
BEL





Begitulah sahabat AviationFansIndo,itulah arti maskapai ICAO dan IATA.Dengan artikel ini,admin Ikhsan Majid sudah cukup membuat artikel ini dengan pemikiran saya sendiri (terkadang sumbernya dari website lain).Kalau kalian suka artikel ini,jangan lupa like and share.Kami juga menerima kritik dan saran.Maafkan jika admin ada kesalahan di artikel ini.Terima kasih.

Comments

Popular Posts