Bentuk-bentuk Sayap Pesawat


Hai teman-teman.Kali ini saya akan membagi pengetahuan apa saja bentuk sayap pesawat

Sayap pesawat adalah bagian utama pesaawt terbang yang terpasang pada fuselage,dan berfungsi sebagai penghasil lift disamping sebagai penyimpanan bahan bakar.Saat pesawat sedang terbang  dalam kondisi cruise,maka sayap harus mampu menghasilkan gaya angkat sebesar-besarnya pada pesawat tersebut.

Berikut bentuk wing berdasarkan arah condong sayap:

Straight Wing:Kebanyakan ditemukan pesawat kecil dengan terbang rendah.Sayap ini memiliki gaya angkat yang baik pada kecepatan rendah,tetapi tidak cocok untuk kecepatan tinggi:
Contoh:Cessna 172 Skyhawk

Swept Wing:Sayap yang berbentuk condong ke belakang.Hampir semua pesawat terbang berkecepatan tinggi menggunakan model sayap ini.
Contoh:Pesawat komersil

Forward Swept Wing:Desain sayap ini tidak diproduksi massal,hanya eksperimental.Desainnya terkesan aneh dan akan menambah drag besar.Tetapi Rusia dan AS membuat bentuk tersebut untuk memberu kestabilan saat Angle of Attack (AoA) tinggi agar bisa dogfight:
Contoh:Su-47 dan X-29

Variable Swept Wing:Desain sayap ini yang dapat disapu kebelakang dan kemudian kembali ke posisi semula selama penerbangan.Swept Wing lebih cocok untuk kecepatan tinggi.
Contoh:
- F-14D Super Tomcat
- B-1B Lancer
- Tu-160 Blackjack
- Tornado GR.4
- MiG-23 Flogger
- Su-24 Fencer
- F-111 Aaardvark
- EF-111 Raven

Delta wings:Sayap berbentuk segitiga memungkinkan pesawat dapat terbang pada kecepatan subsonik,transonik,dan supersonik
Contoh:
- JAS-39 Gripen
- Rafale
- EF-2000 Typhoon
- Mirage 2000
- J-10

Comments

Popular Posts