Northrop Grumman Ingin Bekerja Sama Dengan Jepang Untuk Bangun YF-23



















Pabrik pertahanan Northrop Grumman sangat tertarik dengan proyek yang dibuat Jepang seperti F-3 untuk membangun pesawat tempur baru.Pertempuran setelah era perang dingin berakhir yang membuat US melahirkan F-22A Raptor.
























Jepang memiliki banyak armada pesawat tempur untuk pertahanan udaranya.Tokyo sudah memilik 200 unit F-15J,armada F-15 yang terbesar kedua setelah AS.Armada F-15 nya adalah armada yang tertua.

Pada awal 1990an AS berencana menggunakan F-22A Raptor untuk menggantikan F-15C Eagle.Dan AS membuat UU untuk tidak mengekspor F-22A ke negara manapun.Bahkan ke sekutu terdekatnya.
Kemudian Jepang dibiarkan untuk tidak memiliki penempur pengganti.Negara ini menghabiskan biaya untuk membuat penempur baru seperti ATD-X.Biaya untuk mengembangkan pesawat tempur ini terlalu besar.

Sekarang Jepang membutuhkan bantuan dari luar negeri.Berharap dapat memotong waktu untuk membuat pesawat tempur baru.Industri pertahanan raksasa AS Lockheed Martin,pembuat F-22A dan F-35 JSF mendapat panggilan,menawarkan desain hybrid dua pesawat tersebut.

Sekarang, menurut Reuters, raksasa pertahanan Amerika lainnya sedang melemparkan topinya di atas ring. Northrop Grumman menanggapi permintaan Jepang. Perusahaan menandai daftar teknologi yang dapat berkontribusi pada program penempur F-3, tetapi belum membuat proposal resmi. (Kontraktor pertahanan lainnya masih bisa memasuki kompetisi F-3, terutama Boeing dan BAE.)























Lockheed Martin dan Northop Grumman ingin kembali berhadapan di tahun 1990-an dalam kompetisi Advanced Tactical Fighter.Setelah terbang bersamanya dengan YF-22 dan YF-23.YF-22 akhirnya menang dalam kompetisi tersebut.

Northrop memasuki kompetisi yang kurang menguntungkan. Meskipun ini adalah salah satu perusahaan penerbangan militer terbesar di dunia, tetapi belum merancang dan membangun pesawat tempur sejak YF-23. Perusahaan ini berkonsentrasi pada drone, terutama RQ-4 Global Hawk, dan pengebom — baik keduanya B-2 Spirit dan B-21 Raider yang akan datang.

Apa yang bisa Northrop tawarkan ke Jepang? Meskipun reputasi sebagai kekuatan teknologi, industri kedirgantaraan Jepang paling tertinggal, termasuk avionik, integrasi sistem, jaringan, dan stealth. Jepang akhirnya dapat mengembangkan semua hal ini dengan sendirinya, tetapi dengan biaya yang mengejutkan. Waktu juga bukan sisi Jepang, karena penempur F-15J tertua di negara itu mendekati 40 tahun.

Pesawat tempur F-3 akan membutuhkan teknologi canggih untuk mengimbangi keuntungan numerik apa pun yang akan dibawa oleh angkatan udara Cina (PLAAF) ke pertarungan di masa depan. Armada F-3 yang dilengkapi dengan teknologi siluman dan jaringan dapat mengoordinasikan serangan terhadap musuh-musuh yang memiliki angka yang lebih besar. Northrop Grumman memuji dirinya sendiri sebagai master teknologi pesawat tempur, termasuk "desain sistem, desain kendaraan udara, kontrol penerbangan, sistem manajemen kendaraan, teknologi yang memungkinkan jaringan dan bertahan hidup." Jepang membutuhkan semua teknologi, terutama "survivability," atau dikenal sebagai teknologi siluman. Sebagai pengembang pembom B-21 Raider, Northrop akan memiliki akses ke teknologi siluman mutlak terbaru di Amerika.


























Seperti apa pesawat yang akan dibuat oleh Northrop?kemungkinan akan memiliki desain twin-engine.Dan memiliki jarak terbang lebih jauh dari Lanud JASDF yang berkontribusi dalam patroli perbatasan yang akan dihadapi oleh Cina dan Korut dan memiliki kecepatan Mach 1.Northrop akhir-akhir ini memiliki desain badan dengan sayap,Tetapi,desain sayap terbang sangat buruk untuk dogfight.Di tahun 2016 Northrop merilis video jet tempur generasi ke-6 yang akan dirancang.Tetapi dia tidak memiliki uang untuk membuat pesawat tempur baru.

Salah satu kemungkinan adalah kebangkitan pesawat YF-23, dengan elektronik modern dan mesin buatan Jepang sendiri. (Salah satu hasil positif dari program ATD-X adalah kemajuan Jepang dalam mesin jet berkinerja tinggi.) Jika itu proposal Northrop, maka kita bisa hidup melalui tahun 1990-an lagi,pesawat terbaru yang merupakan campuran F-22 dan F-35 dengan reinkarnasi anak dari YF-23.

Sumber dan Gambar:
-https://www.popularmechanics.com/military/aviation/a22093705/northrop-grumman-japans-fighter-jet/

-YF-23 net



Comments

Popular Posts