Cargolux Internasional Maskapai Kargo yang Mendunia


Cargolux Airlines Internasional,merek dagang Cargolux,adalah maskapai penerbangan kargo yang berpusat di Luxemburg City,Luksemburg.Merupakan salah satu maskapai kargo terjadwal terbesar di Eropa dengan jaringan global.Penerbangan sewaan dan perawatan pihak ketiga dioperasikan.Basis utamanya terletak di Bandara Udara Luxembourg-Findel.Maskapai ini didirikan 4 Maret 1970 oleh Luxair,Salen Shipping Group,Loftideir Icelandic dan berbagai investor pribadi di Luksembourg .Operasinya dimulai Mei 1970 dengan satu pesawat kargo Canadair CL-44 dengan layanan dari Luksembourg ke Hongkong.Dua tahun berikutnya,maskapai ini berkembang,sebagaimana pandangan publik

Pada tahun 1973,Cargolux mempunyai lima Canadair CL-44 dan melompat ke era jet dengan membeli sebuah jet Douglas DC-8.Perusahaan ini memperbolehkan untuk mempercepat pengiriman kargonya.Tahun 1974,Loftleidir Icelandic dan Cargolux menggabungkan departemen perawatan dan tekniknya bersama, dan pada 1975, Cargolux menikmati fasilitas baru kantor pusat baru dan dua hanggar pesawat.

Tahun 1978, maskapai ini mulai berkembang menjadi perusahaan seperti saat ini. CL-44 Canadair mulai diistirahatkan dan maskapai ini memesan Boeing 747 pertamanya. Pada tahun yang sama mereka juga mulai terbang ke tempat lain di Asia, juga ke Amerika Serikat. Tahun 1979, perusahaan ini menyelesaikan dasawarsa pertamanya, Boeing 747 pertamanya dikirim. Pada 1999, armada Cargolux berlipat dua, dengan 10 Boeing 747. Tahun 2000 sebuah rute dibuka ke Seoul, Korea Selatan, dan pada 2001 Wilkens memutuskan untuk mundur dari jabatan Presiden dan CEO maskapai ini.

Saham maskapai penerbangan ini dimiliki oleh Luxair (34.9%), SAirLines (33.7%), Luxembourg Financial Corporations (28.9%) dan pemegang saham lainnya (2.5%) (Januari 2008).
IATA: CV
ICAO: CLX
KODE PANGGIL: CARGOLUX






















Comments

  1. Salah satu pilot di maskapai ini adalah Captain Joe. Sebelumnya ia merupakan pilot A320 di Air Berlin. Setelah bangkrut, ia memutuskan pindah ke 747 di Cargolux.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts