Air Nauru Maskapai Asia Pasifik
Nauru
Air Corporation, diperdagangkan sebagai Nauru Airlines (sebelumnya
diperdagangkan sebagai Our Airline dan Air Nauru) adalah maskapai
penerbangan nasional dari Republik Nauru. Maskapai penerbangan ini
mengoperasikan penerbangan berjadwal internasional di Pasifik dan juga
Australia. Basis utama dari maskapai penerbanga ini adalah di Bandar Udara
Internasional Nauru.
Nauru Airlines didirikan dengan nama Air Nauru pada 17 September 1969,dan mulai beroperasi pada 14 Februari 1970 dengan layanan eksperimental antara Nauru dan Brisbane,dimulai dengan Dassault Falcon 20 (jet bisnis ukuran sedang) yang disewa dari perusahaan Australia.Layanan dijadwalkan reguler dimulai setelah pengiriman pada bulan Januari 1972 dari pesawat jet Fokker F28 Fellowship jet bermesin dua (Fellowship kedua kemudian ditempatkan ke dalam layanan). Boeing 737-200C ditambahkan ke armada pada tahun 1975 dan Boeing 727-100 mulai beroperasi pada 16 Juni 1976. Kemudian pada tahun 1970-an kedua Fellowship dijual dan lebih banyak Boeing ditambahkan ke armada.
Pada tahun 1983 armadanya berjumlah tujuh pesawat: dua Boeing 727-100 dan lima Boeing 737-200. Karena seluruh penduduk Nauru saat ini adalah sekitar 8.000, maskapai ini berada dalam posisi memiliki kapasitas tempat duduk sebesar 10% dari populasi nauruan. Maskapai ini juga memiliki reputasi buruk karena membatalkan penerbangan sesuai keinginan pemiliknya, termasuk menggunakan Boeing 727 untuk pencarian tingkat rendah untuk nelayan Nauruan yang hilang di laut sementara kerabat di kapal dilayani alkohol oleh pramugari. Dari titik tinggi ini (setidaknya dalam hal jumlah armada) maskapai penerbangan secara bertahap dikontrak dalam ukuran, menyewa beberapa pesawat dan menjual yang lain. Lima tahun kemudian pada tahun 1988 armada terdiri dari tiga Boeing 737-200 dengan sisa 727-100 yang disewakan kepada Trans Australia Airlines. Pada saat ini maskapai ini sangat terpengaruh oleh perselisihan industri dengan pilotnya dan beroperasi tanpa jadwal yang ditetapkan, situasi yang berlangsung selama beberapa bulan.
Pada awal 1990-an, Air Nauru 737 disewa untuk mengoperasikan rute Niue Airlines di Auckland-Niue, satu-satunya layanan perusahaan.
Pada tahun 1993 dua 737-200 digantikan oleh Boeing 737-400,mulai meninggalkan Boeing 737-200C menjadi pesawat militer untuk sementara dengan waktu lebih lama. Maskapai sekarang ini hanya mengoperasikan 737-400, telah berkerabat pada Juli 1996 sebagai Nauru Air Corporation (NAC) yang dikepalai oleh CEO baru tanpa hubungan dengan pemerintah, yang memungkinkannya beroperasi secara mandiri di pasar komersial, bebas dari sebagian besar kendala pemerintahnya.
Sepasang Nauru Airlines Boeing 737-300s di Bandara Internasional Nauru (Februari 2016)
Pada tahun 1998 Air Nauru berada di bawah kendali regulasi Otoritas Penerbangan Sipil Australia dan sejak itu telah menjadi operator asing terpilih yang memegang Sertifikat Operator Udara Australia (AOC).Kesalahan manajemen dari pulau yang kaya dan masalah ekonomi yang dihasilkan menyebabkan maskapai kehilangan sejumlah besar uang, dan pada beberapa kesempatan menjadi bangkrut. Operasinya juga ditangguhkan untuk periode yang singkat pada 1990-an karena kekhawatiran yang diangkat oleh Australia atas kelaikan udara dan catatan keselamatan pesawatnya. Kantor-kantor dan peralatan maskapai penerbangan juga sering diambil alih oleh pemerintah Australia karena gagal berulang kali di Nauru atas pinjaman luar negeri. Maskapai ini menjadi perselisihan dengan Bank Ekspor-Impor Amerika Serikat pada tahun 2002, dan pada bulan Desember 2005, Pengadilan Tinggi Australia menguatkan keputusan sebelumnya untuk memungkinkan bank untuk merebut pesawat udara Air Nauru, meninggalkan Nauru dan negara kepulauan Kiribati tanpa layanan udara. Pesawat itu disita oleh kreditor di Bandara Melbourne pada 18 Desember 2005. Setelah akuisisi pesawat pengganti (Boeing 737-300) pada pertengahan 2006, maskapai ini berganti nama menjadi Maskapai Penerbangan Our Airlines dan diluncurkan kembali pada 14 Oktober 2006. Maskapai Penerbangan Our Airlines adalah berganti nama lagi menjadi Nauru Airlines pada 1 Agustus 2014.
Nauru Airlines sekarang dimiliki sepenuhnya oleh negara dan memiliki 65 karyawan pada Juli 2012.
Brisbane,Australia:Brisbane Airport
Honiara ,Solomon
Island:Honiara International Airport
Majuro,Marshall Islands:Marshall Islands International
Airport
Nadi,Fiji:Nadi International Airport
Yaren,Nauru:Nauru International Airport [Base]
Pohnpei,Micronesia:Pohnpei International Airport
Tarawa,Kiribati:Bonriki International Airport
Armada:
Boeing 727-100
Boeing 737-200
Boeing 737-400
Boeing 737-300F
Dassault Falcon 20
Fokker 28 Fellowship
Comments
Post a Comment